Launching Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di DTP Provinsi Bengkulu

Area Bazar Pangan dan Hasil Olahan Toko Tani Indonesia Center Provinsi Bengkulu

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu telah membentuk Toko Tani Indoneia Center (TTIC) yang merupakan 8 Gapoktan di tahun 2016, dan tumbuh menjadi 11 toko tani yang tersebar di Kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko, Seluma, Rejang Lebong, Kepahiang, Lebong dan Kota Bengkulu sampai dengan tahun 2018, secara resmi keberadaannya akan dilakukan launching pada Kamis, (6/9/2018), di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi di Jalan Basuki Rahmat No.8 Kota Bengkulu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu Ir. Ramlan mengatakan, sebagai upaya memudahkan konsumen menjangkau komoditas pangan yang langsung berasal dari Gapoktan/Lembaga Usaha Pangan Masyarakat, sekaligus memberikan kesempatan suplair pangan, dalam memasarkan langsung komoditasnya, serta upaya pengendalian harga, dibentuk TTIC Provinsi Bengkulu.

“TTIC yang setiap bulannya akan menyalurkan dan menjual beras sebanyak 9 ribu kilogram/ 9 ton kepada masyarakat, diyakini memberikan kontribusi dalam kelancaran distribusi pangan, pemasaran komoditas pangan ke masyarakat dengan harga yang terjangkau. Lalu akan bisa menjaga ketersediaan pasokan, dan akses dalam mendapatkan pangan murah”.

Selain itu dikatakan, berbagai upaya dan kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah, baik bersifat jangka pendek maupun jangka panjang, dengan mengacu pada permasalahan utama yang terjadi selama ini, yaitu, tingginya disparitas harga antara produsen dan konsumen. Sehingga mengakibatkan keuntungan tidak proporsional antara pelaku usaha.

Untuk itu, diperlukan keseimbangan harga yang saling menguntungkan baik ditingkat produsen maupun konsumen.

Belum lagi, permasalahan gejolak harga saat ini masih menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah, dalam mewujudkan ketahanan pangan dan harga ketahanan berfluktuatif, akan mempengaruhi kesejahteraan petani, sebagai produsen pangan maupun masyarakat luas dan selaku konsumen akhir. Oleh karena itu, stabilisasi harga pangan menjadi salah satu tujuan prioritas dalam pembangunan daerah Provinsi Bengkulu.

“Keberadaan TTIC ini akan memprioritaskan harga yang terjangkau, ketersediaan pasokan dan kemudian akses dalam mendapatkan pangan murah. Apalagi keberadaan TTIC ini diyakini bisa mengendalikan pengaruh inflasi di Bengkulu,” terangnya.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Ir. M.H Sidiq Widodo menambahkan, bertepatan dengan kegiatan lauching TTIC Provinsi Bengkulu, juga akan digelar kegiatan bazar/ pasar murah bahan pokok pangan, seperti beras, cabai merah, bawang putih serta merah, gula, tepung, minyak goreng, telur, daging ayam, daging beku, serta berbagai jenis makanan olahan, syur-sayuran dan buah-buahan.

“Dihimbau bagi masyarakat Bengkulu dan sekitarnya, agar dapat memanfaatkan TTIC dan belanja pasar murah, yang akan dilakukan saat launching siang ini Kamis, 06 September 2018 rencana akan  di buka Langsung oleh Bapak Plt. Gubernur Bengkulu . Mengingat khusus untuk bazar/pasar murah bahan pokok pangan, hanya berlangsung selama satu hari. Silakan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *